Chris Kyle, Si Penembak Jitu Terbaik Amerika

American_Sniper_book

Sebelum membaca buku ini, terlebih dahulu saya menonton film yang didedikasikan untuk Chris yang diangkat dari buku ini, berjudul “American Sniper”.  Awalnya saya tidak ada rencana untuk membaca buku biografi ini, tapi setelah membaca artikel tentang Chris Kyle, saya menjadi tertarik.

Christopher Scott “Chris” Kyle (8 April 1974 − 2 Februari, 2013) , adalah seorang anggota Navy SEAL yang bertugas sebagai penembak jitu atau Sniper di angkatannya (SEAL adalah singkatan dari “Sea,Air, and Land” yang merupakan unit militer khusus Amerika). Banyak penghargaan yang telah diterima Chris sebagai angota SEAL karena kehebatan dan keberaniannya. Hingga dia dijuluki sebagai “Legend” oleh anggota lainnya. Dan menurut laporan resmi, Chris telah membunuh sekitar 160 orang dalam misinya melawan pemberontak di Iraq.

Buku ini banyak mengisahkan tentang apa yang dialami Chris selama di Iraq. Mulai dari perekrutan, perang , hingga akhir karirnya. Istri Chris, Taya,  juga turut memberikan kontribusi dalam isi buku ini.

Apa yang berkesan dari buku ini adalah bagaimana saya bisa melihat perspektif yang dimiliki Chris Kyle sebagai seorang ayah sekaligus seorang anggota SEAL. Dan juga sudut pandang yang dimiliki Taya sebagai seorang ibu dan istri dari anggota SEAL.

Menjadi seorang anggota SEAL sekaligus ayah tentu sulit.  Itulah yang dirasakan oleh Chris, rela untuk meninggalkan keluarga demi mengemban tugas negara. Di satu sisi, Chris ingin menjadi ayah yang baik untuk keluarga kecilnya, namun di sisi lain Chris harus mengabdikan dirinya untuk melawan para pemberontak di Iraq demi mencegah terulangnya aksi terorisme yang pernah terjadi di Amerika seperti  9/11. Chris banyak menceritakan situasi sulit yang dialaminya selama di Iraq. Salah satunya ketika dia tidak bisa menolong rekan-rekannya yang gugur di medan perang. Di bukunya, Chris mengutip jika “ Hal yang paling membekas dalam ingatannya ialah bukan medali penghargaan yang dia terima atau jumlah pemberontak yang dia bunuh, melainkan rekan-rekan yang tidak bisa dia selamatkan dalam medan perang”.

Di mata Taya, dia menganngap jika Chris lebih memilih SEAL ketimbang keluarga. Dan hal ini membuat Taya selalu merasa kesepian dan sangat lelah untuk menanggung tugas sebagai seorang istri dan ibu dari anak-anaknya. Akibatnya, keluarga mereka sempat mengalami keretakan.

Namun, sangat disayangkan pahlawan U.S.A ini mati dengan tragis di tangan rekannya sendiri.

Advertisements

5 comments

  1. Saya belum baca bukunya, tapi sudah menonton film American Sniper tahun lalu. Selama menonton, saya merasakan suasana yang lebih horor ketimbang menonton Conjuring (serius hehe) di beberapa adegan yang melibatkan situasi sulit. Mengingatkan saya betapa hidup kita banyak terikat dengan keputusan-keputusan orang lain, bukan diri sendiri yang mengaturnya.

    Semoga nanti ketemu bukunya biar jadi pembanding 😉

    Like

    1. Iya benar, yg bikin film ini berkesan menurut saya karena emotional impactnya juga benar-benar kerasa (selain horrornya 😁).
      Waktu itu cuma baca dari pdf nya, soalnya susah nyari bukunya. Isinya lumayan, banyak hal yg tidak disampaikan dalam filmnya.

      Like

    1. Saya sudah baca review kamu, dan setuju kalau konflik batin yang dialami Chris baik saat di medan perang dan di rumah begitu besar. Pasti sangat sulit untuk menjadi seorang Chris.
      By the way, blog mu keren. Banyak review film yang bagus 😁

      Like

      1. hehe terimakasih~
        masih sedikit banget reviewku, sementara cuma posting judul sama cover film yg udah pernah ditonton 😀 kalo lagi ga malas baru lanjut reviewnya.. Masih rajin kamu yang sering review buku 😉

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s