Kimi No Nawa, Anime Movie Terbaik Jepang

ec26fc775a78790b1a40e8525d4600431476424333_full

Dari sekian anime movie yang saya nonton, Your name (Japanese: Kimi No Na Wa) sepertinya yang paling berkesan. Bisa dibilang anime ini merupakan satu dari sekian anime dimana grafis, plot, karakter, dan bahkan musiknya mendekati sempurna. Anime ini juga sukses menggeser Spirited Away, Grave of the Fireflies, dan Ponyo dari puncak daftar anime movie favorit saya.

Anime besutan Makoto Shinkai ini berhasil menduduki peringkat ke-4 untuk film terlaris di Jepang dibawah Frozen, Titanic, dan Spirited Away yang masing-masing mendukuki peringkat 1-3, dan menjadi yang pertama untuk kategori anime movie terlaris di seluruh dunia dengan pendapatan total lebih dari $353 juta dollar.

Menceritakan tentang Mitsuha, siswi SMA yang hidup di desa kecil Itomori, dan Taki, siswa SMA yang hidup di kota besar Tokyo, terkejut ketika suatu pagi mendapatkan raga mereka saling bertukar tempat. Mitsuha yang bangun dengan tubuh milik Taki, sementara Taki bangun dengan tubuh milik Mitsuha. Keduanya mau tidak mau harus menyesuaikan diri dengan tubuh dan aktifitas yang berbeda dari sebelumnya ketika mereka bertukar tempat. Mulai dari Mitsuha (dalam tubuh taki) yang awalnya canggung ketika harus berinteraksi dengan sahabat laki-laki Taki, dan Taki (dalam tubuh Mitsuha) yang mengejutkan adik, nenek, hingga seluruh teman sekolahnya ketika dia tiba-tiba berubah menjadi perempuan yang tomboy.

Kejadian aneh dan lucu terus terjadi hingga perlahan-lahan, mereka berdua mulai menyukai kehidupan baru mereka dan mampu menyesuaikan diri dalam tubuh baru mereka. Mitsuha yang kemudian populer di sekolahnya berkat kepribadian Taki yang maskulin, dan Taki yang akhirnya bisa berkencan dengan seorang wanita cantik yang menjadi rebutan rekan-rekan kerjanya karena berkat kepribadian Mitsuha yang feminin.

Namun suatu hari, komet besar menghantam desa Mitsuha yang membuat keduanya tidak bisa bertukar tempat lagi. Taki merasa ada yang aneh pada dirinya setelah peristiwa itu, dan memutuskan untuk mencari tahu siapa sebenarnya sosok Mitsuha. Apakah takdir akan mempertemukan mereka atau sebaliknya malah memisahkan mereka untuk selamanya? Silahkan nonton sendiri kelanjutannya ya!

Trailer :

Selain plot yang begitu unik dan mengesankan, hal lain yang membuat anime ini sangat istimewa adalah soundtrack musiknya. Elemen ini menurut saya yang sangat mendukung tingkat emotional impact ( baca : kadar bapernya) menjadi begitu tinggi hingga mampu melunturkan kejantanan pria.

Buat yang belum nonton, I highly recommend this anime for you, no matter how old you are or how masculine you are. Just watch it and you are going to thank me in the end.

Last but not least, this is my favorite song:

 

PS: Buat yang suka lagunya, saya ada full albumnya. Kalau mau, silahkan cantumkan alamat e-mailnya ya, nanti saya kirimkan.

 

 

 

Advertisements

77 comments

      1. Iya sih filmnya terlalu besar dan kayaknya malah hrs ke google drive dulu.😁

        makasih kak ntar pas ada wifi aku download deh πŸ˜†πŸ˜†

        Liked by 1 person

      1. Ya besok tak download lagi dah..
        Kemarin lihat bakenomo no. Gitu paling.
        Beuty and the beast. Ceritanya seorang anak kesasar ke dunia monster. Dan di latih menjadi pendekar pedang…
        Pernah lihat nggak

        Liked by 1 person

  1. Saya sendiri kok lebih prefer Ponyo sama Spirited Away ya kak ketimbang Kimi No Nawa #seleraorangbedabeda πŸ˜‚
    Tapi saya akui sih, Kimi No Nawa lebih menang di grafis dan soundtracknya, bagus-bagus semua 😊
    Ternyata kak Yoris penggemar Ghibli ya πŸ˜„

    Liked by 1 person

    1. Ponyo dan Spirited Away juga ga kalah bagus kok sebenarnya. Mereka punya style yang berbeda meskipun sama2 karya Hayao Miyazaki.
      Tapi saya lebih suka sih genre yang mengarah ke slice of life, dan kimi no na wa punya itu.
      Iya, saya suka karya-karyanya Ghibli.
      Grave of fireflies uda nonton belum?

      Liked by 1 person

    1. Setuju. Ada loh 1 iklan yg grafis dan karakternya mirip kimi no na wa. Uda liat belum? judulnya Z-Kai Crossroad.
      Kirain dulu iklan yg ini bakalan dijadiin movie. Ternyata tidak. haha

      Like

      1. Kalau film anime, coba Spirited Away, Grave of Fireflies, sama Ponyo. nah itu favorit saya.
        Kalau anime series saya juga baru mulai nonton lagi, kalau genre sport: Haikyu!, Kuroko. Action/fantasy: Attack on Titan.

        Liked by 1 person

  2. Film yang bagus dengan gambar-gambar yang indah, musik-musik yang menyentuh dan cerita yang nggak mainstream. Tapi maaf, Spirited Away masih memuncaki daftar anime terfavorit saya sepanjang masa, hehehe

    Liked by 1 person

  3. tadinya saya pikir romance biasa, ternyata salah besaar. Twist ala sci-finya yang bikin film ini berkesan. Tapi menurut saya peran ‘takdir’ masih terlalu dieksploitasi. Ya nggak apa-apa sih, takdir memang menarik dan misterius, tapi kalau terlalu banyak kesannya jadi plot armor gitu hehe.

    Liked by 1 person

    1. Sama, saya juga awalnya pikir anime ini kyk anime jepang pada umumnya yg ceritanya romance biasa dan ambil latar high school, ternyata bukan.
      Elemen takdir memang terasa banget di film ini. Tapi so far keren kok hehe,
      Uda nonton karya makoto yg lain Destri?

      Liked by 1 person

      1. Coba deh yang Garden of Words itu bagus, soal romance juga. Kalo masalah soundtrack saya paling suka yang di film itu.
        Hmm, lumayan banyak sih, Hunter x Hunter, shokugeki no souma, semua bikinannya Makoto Shinkai, sama kemarin baru selesai nonton Orange, itu juga berkesan banget karena menampilkan karakter depresi dan suicidal.
        Kalo kamu?

        Liked by 1 person

      2. Uda lama mau nonton Garden of Words, cuman belum kesampean. haha Sip nanti saya cari movienya.
        Kalau saya kebanyakan yang sport, Seperti Haikyu, Kuroko, Tsubasa. Hunter x Hunter juga suka, Bikinan Hayao Miyazaki sama Makoto Shinkai semuanya saya suka.
        Kalau bikinan Hayao Miyazaki/Giblhi suka Des?

        Liked by 1 person

      3. Haikyuu itu yang voli ya? Baru nonton episode pertama. Saya suka susah komitmen kalo baru nonton ep 1 hahaha.
        Suka kok, paling suka Spirited Away sama Totoro. Suka sampe sering baca-baca artikel fans soal itu hahaha. Tapi udah dikonfirmasi kalo spirited away itu metafora dari prostitusi anak-anak.

        Liked by 1 person

      4. Iya, Haikyu itu tentang voli. Anime itu keren parah loh Des. Kerasa banget kerja keras mereka. haha
        ‘metafora dari prostitusi anak2’, loh kok bisa? Soalnya jauh banget loh animenya dari kesan seksual. Malah lebih mengarah ke pengeksploitasian anak menurutku.

        Like

      5. iya, nanti kalo udah mood nonton lagi hahaha.
        Iya nggak kentara soalnya cuma main simbol, petunjuknya kalo nggak salah di simbol-simbol rumah pemandian tempat chihiro kerja sama adegan yang dia dikasih koin-koin emas sama pengunjung.

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s