Attack on Titan: Overview

1450266943-eeba7593c02a8f85ebd6df0c4b01821d

Awalnya kenal anime ini pas liat memenya bertebaran di Instagram, lucu aja sih liat raksasa tanpa busana yang mirip manusia tapi tingkahnya konyol, apalagi dengan mimik muka yang sering tidak jelas.

Hingga saya dengar dari teman-teman kalau anime yang saya maksud konyol dan tidak jelas ini adalah salah satu anime yang dapat pengakuan dari dunia. Baik versi manga maupun versi animenya sama-sama mendapat banyak sekali penghargaan yang prestisius di Jepang dan beberapa negara lainnya.

Jadilah saya memutuskan untuk mengikuti anime ini hingga mendapati kalau saya benar-benar ketagihan untuk terus menyaksikan serial anime dan membaca manga dari Attack on Titan (Japanese: Shingeki no Kyoujin).

Overview

Ceritanya bermula ketika raksasa berwujud manusia tiba-tiba muncul dan hampir membinasakan umat manusia yang awalnya hidup damai dalam tiga lapis dinding besar yang tingginya mencapai 50 meter. Masing-masing dinding ini dinamai Wall Maria (dinding bagian terluar), Wall Rose (dinding bagian tengah), dan Wall Sheena (dinding bagian terdalam).

3 wall.png

Di dalam dinding ini, berdiri satu kerajaan dimana rakyatnya telah hidup damai selama 100 tahun lamanya. Namun, semuanya berubah ketika titan raksasa berukuran 60 meter (Collosus Titan) muncul secara misterius dan menghancurkan dinding terluar dari distrik Shinganshina, kota kecil di luar Wall Maria dimana Eren Yeager (tokoh utama) , Mikasa Ackerman (saudari tiri Eren), dan Armin Arlert (sahabat Eren dan Mikasa) menetap bersama keluarga.

illustration for the height of titan.png

Titan adalah raksasa berwujud manusia yang umumnya mempunyai tinggi antara 5-15 meter dan mempunyai struktur tubuh yang maskulin, namun tidak memiliki organ reproduksi atau dengan kata lain tidak ada titan pria atau wanita. Titan secara insting memburu dan memakan manusia, tapi sumber energi titan sendiri bukanlah manusia, melainkan sinar matahari. Makhluk ini memiliki tubuh yang sangat keras dan sulit untuk di tembus, mereka juga memiliki kemampuan regenerasi atau proses pemulihan dari luka yang sangat cepat. Meskipun begitu, titan memiliki titik kelemahan yang berada pada tengkuk di belakang leher mereka.

5783e554

Jebolnya Wall Maria membuat para titan yang lebih kecil menginvasi dan mendesak penduduk yang tersisa meninggalkan distrik Shinganshina dan mengungsi ke distirik Trost, yang berada diantara Wall Maria dan Wall Rose. Karena populasi yang tiba-tiba membludak, maka terjadilah kekacauan dan kelaparan dimana-mana.

Dalam peristiwa itu, Eren Yeger menyaksikan secara langsung saat ibunya dimakan hidup-hidup oleh titan, dan kemudian bersumpah untuk membasmi semua titan hingga tidak ada yang tersisa. Demi mewujudkan ambisinya itu, Eren bersama Mikasa dan Armin, kemudian memutuskan untuk bergabung dengan pasukan militer.

military division

Pasukan militer ini terbagi atas tiga divisi, yaitu The Survey Corps/Scouting Legion (pasukan pengintai), pasukan yang bertugas untuk menjelajahi wilayah di luar dinding (teritori titan) dan mempelajari semua hal yang berkaitan tentang titan. Kemudian, The Garrison Regiment/Stationary Guard (pasukan pertahanan), pasukan yang bertugas untuk melindungi dinding dan rakyat didalamnya. Dan terakhir adalah Military Police (Polisi militer), adalah divisi paling prestisius yang bertugas untuk melindungi keluarga kerajaan.

1440852008_1268.jpg

 

***

Meskipun anime ini banyak menyajikan aksi-aksi pertarungan yang memukau, atribut-atribut yang ada di dalamnya pun tidak kalah menarik untuk diikuti. Mulai dari sistem pemerintahan, konspirasi, korupsi, pengorbanan hingga gambaran bagaimana jika batas kewarasan manusia sudah tidak ada artinya.

Semakin jauh saya mengikuti anime ini, semakin banyak saya mendapatkan hal-hal unik dan menarik yang bahkan mempunyai kesamaan dengan kehidupan manusia di dunia nyata.

Nah, hal-hal ini akan saya ceritakan di tulisan-tulisan berikutnya. Jadi, tunggu ya !

PS: Anime ini bukan untuk anak-anak dan hanya ditujukan untuk mereka yang sudah dewasa. Karena didalamnya banyak mengandung unsur-unsur kekerasan.

 

 

Advertisements

56 comments

  1. Saya termasuk penyuka anime ini. Mulai dari manganya saya baca juga dulu. Sekarang lebih seneng nunggu animenya tiap senin karena ga sempet baca manganya.
    Ditunggu tulisan selanjutnya Mas Yoris 🙂

    Liked by 1 person

      1. Iya si Hange keren juga. Tapi karena saya baperan (kadang-kadang haha) jadinya suka ngeliat Mikasa yang sebegitunya melindungi Eren. Meski pada akhirnya Eren meninggalkan Mikasa dan Armin.

        Nah, kalau cowok suka yang mana ya. Enggak ada yg suka banget sih. Ada satu yg pernah suka tp lupa namanya. 😆 ah, saya susah ngingat nama juga aslinya.

        Like

      1. opsinya sama-sama ga ngasih keuntungan ya.

        tapi, gimana sih bayangannya kalau titan kolosal hamil. mungkin kayak titan abnormal kali ya, perut buncit gitu. pft jadi ngakak sendiri

        Liked by 1 person

      2. wahahaha sampai sejauh itu bayanginnya. saya ga ada clue itu jadinya bakalan kyk apa. Tapi kalau bisa sih mirip titan armor, biar si eren ada pertimbangan.
        Kalau titan abnormal kyknya parah banget deh. haha

        Like

  2. hi, my fellow anime watchers! aku juga suka banget anime ini, terutama karena ternyata plotnya yang kompleks dan berbau politik.
    Jadi tergugah bikin ulasan anime favorit juga nih, makasih ya inspirasinya 🙂

    Liked by 1 person

  3. Terima kasih atas ulasannya. Ayu juga merupakan penggemar Anime ini. Tapi, waktu itu mulai dari the Movie-nya di perankan oleh Kiko Mizuhara sebagai Mikasa. Karena kurang puas, maka mulailah menjajaki versi animenya. Nampak seperti film Hunger Games yang diperankan Jennifer Lawrence tapi juga beda hahahaha.
    Ayu setuju, kadang kita memang akan belajar banyak dari sesuatu yang tidak benar ada didunia ini.

    Semangat menonton Anime lagi…
    Salam.

    Liked by 1 person

  4. Klo saya ngikutin manganya sih lebih nyaman aja 😄 denger2 anime ini terinspirasi dari perang dunia (yg pertama atau kedua, lupa saya) dan karakter favorit saya mikasa
    Salam kenal gan trims sdh mengikuti blog saya

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s